Membangun KOMITMEN Bersama

Malino adalah kelurahan yang terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Daerah yang terletak 90 km dari Kota Makassar ke arah selatan ini merupakan salah satu objek wisata alam yang mempunyai daya tarik luar biasa. Malino memiliki gunung-gunung yang sangat kaya dengan pemandangan batu gamping dan pinus. Berbagai jenis tanaman tropis yang indah,tumbuh dan berkembang di kota yang dingin ini. Selain itu, Malino pun menjadi saksi dari lahirnya komitmen para pelaku PNPM LMP region Sulawesi dalam mencapai keberhasilan kegiatan PNPM LMP.

Komitmen bersama dari para pelaku PNPM LMP region Sulawesi dalam menuju “Masyarakat Mandiri, Lingkungan Lestari” ini merupakan additional dari serangkaian acara pelatihan penyegaran FKL, Astal dan KMP PNPM LMP region Sulawesi yang dilangsungkan pada tanggal 16 hingga 22 Oktober 2011 lalu. Secara umum kegiatan pelatihan penyegaran ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memperkuat kapasitas tim fasilitator dalam melakukan fasilitasi kegiatan di masyarakat sesuai dengan prosedur dan mekanisme PNPM-LMP.

Dengan indikator keberhasilan program yang tertuang dalam PTO PNPM LMP 2011, khususnya mengenai jumlah penerima manfaat langsung pada kegiatan energi terbarukan (PTO 2011, hal I-3, 1.3 point 4), menjadikan komitmen bersama ini terbangun untuk menggapai keberhasilan program pada kondisi waktu yang sudah semangkin dekat.

Semoga komitmen bersama ini dapat menjadi “kekuatan” bagi para pelaku PNPM LMP dalam mencapai target pada indikator keberhasilan kegiatan PNPM LMP menuju “Masyarakat Mandiri, Lingkungan Lestari”.