Refresher Training

Go Green... Yes!
Go Green... Yes!!
Go Green... Yes!!!

Yel – yel diatas senantiasa menghiasi acara pelatihan penyegaran konsultan PNPM LMP yang dilaksanakan di Grand Hotel Lembang, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pelaku (konsultan) PNPM LMP di Indonesia ini terdiri dari kalangan FKL, kawan-kawan Astal, kawan-kawan KMP, kawan-kawan KMN/NMC, kawan-kawan Sekretariat serta kawan-kawan PMD.

 
Pada kegiatan dihari kedua, para peserta diarahkan untuk dapat membangun kerjasama kelompok yang telah dibagi berdasarkan provinsinya masing-masing. Kawan-kawan dari KMN, PMD dan Sekretariat juga dibagi-bagi untuk membantu kelompok provinsi-provinsi tersebut. Selanjutnya, kelompok Provinsi ini diberikan nama regu/kelompoknya dengan nama-nama yang diambil dari bahasa sunda, seperti : Bajigur, Bandrek, Batagor, Somay, Cireng, Surabi dan Cendol.


 Suasana kerjasama, kecerian dan segar terpancar dari para peserta dalam melaksanakan rangkaian-rangkaian permainan outbound yang telah disiapkan oleh kawan-kawan CSO/Yapeka. Masing-masing kelompok/provinsi selalu terpacu untuk membangun kerjasama dan kekompakan kelompoknya. Mulai dari “performance” yel kelompok  hingga pada akhir permainan masih terlihat semangatnya, walau akhirnya masing-masing kelompok harus dan harus berkoordinasi serta bekerjasama dengan kelompok lainnya agar permaianan “Island of Tomorrow” dapat terselesaikan.

 
Dihari ketiga, para peserta dikelompokan tidak lagi sesuai provinsinya masing-masing, melainkan diacak menjadi 14 kelompok oleh CSO/Yapeka dan masing-masing kelompok beranggotakan perwakilan dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, NMC, Sekretariat dan PMD. Tujuan dari pembagian kelompok ini adalah untuk membangun semangat nasional sesama pelaku PNPM LMP. Ke-empat belas kelompok peserta ini difasilitasi oleh CSO/Yapeka untuk menyaksikan dari dekat keindahan panorama kawasan Tangkuban Perahu.


 Setelah menikmati keindahan Tangkuban Perahu, para peserta kemudian diantar oleh panitia untuk menikmati makan siang khas sunda di rumah makan “Sindang Reret” Lembang. Dengan “wellcome drink” es campur dan alunan musik sunda yang disajikan, menjadikan suasana siang itu sebagai pengobat rasa lelah setelah menjelajah kawasan Tangkuban Perahu.

Selepas sholat Dzuhur, para peserta dikumpulkan oleh CSO/Yapeka untuk dilakukan penyitaan terhadap barang-barang bawaannya, termasuk HP, dompet dan uangnya. Persiapan kegiatan amazing race ini banyak membuat peserta bingung dan khawatir. Setelah seluruh peserta diantar ke lobby Grand Hotel Lembang, barulah CSO/Yapeka memberikan informasi dan membagi-bagikan tugas kepada masing-masing kelompok yang disertai dengan sejumlah uang untuk menyelesaikan tugas kelompok tersebut. 

 
Terlihat antrian para peserta yang akan menaiki angkot di sisi jalan didepan Grand Hotel Lembang, sehingga memaksa pihak petugas keamanan hotel untuk turun tangan membantu mengatur lalu lintas dan lokasi pemberhentian angkot bagi para peserta. Pada permainan “amazing race” ini, setiap kelompok (14 kelompok) yang anggotanya beragam, dengan sejumlah uang yang diterimanya selanjutnya diberi tugas oleh CSO/Yapeka untuk menyusuri Kota Bandung dan diwajibkan mampir dibeberapa lokasi yang telah ditentukan, seperti : Cagar Budaya, Jajanan dan Factory Outlet dengan durasi waktu yang telah ditentukan. Sebagai antisipasi, pihak CSO/Yapeka membekali sebuah HP untuk setiap kelompok dengan nomor perdana yang memiliki pulsa sejumlah Rp 2.000 serta nomor telepon pihak CSO/Yapeka yang dapat dihubungi apabila dikelompoknya mendapatkan kesulitan atau kendala ketika menyusuri Kota Bandung.

 
Amazingrace, permainan ini telah memfasilitasi para peserta untuk berwisata kuliner, sejarah dan belanja di wilayah Bandung. Beragam suasana hati terlihat dari wajah peserta, walau sebagian besar dari peserta merasa keceriaan dalam menikmati suasana Kota Bandung, namun ada juga sebagian dari peserta yang menahan pipis karena uang yang dibekali oleh pihak CSO/Yapeka dirasa tidak cukup untuk membayar penjaga toilet. He... he... he...

Go Green... Yes!
Go Green... Yes!!
Go Green... Yes!!!