Menuju Nagari Mandiri Energi di Kabupaten Pesisir Selatan

Pembangunan demplot biogas di Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera pada tahun 2010 oleh CSO PNPM LMP, ternyata telah dapat mempengaruhi masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Khususnya di Kecamatan Pilot PNPM LMP untuk menerapkan kegiatan biogas (fixedume) melalui kegiatan yang di danai oleh Bantuan Langsung Mandiri (BLM) PNPM LMP.

Pada kegiatan PNPM LMP tahun anggaran 2011 yang masih berlangsung sekarang ini, Kecamatan Linggo Sari Baganti dan Kecamatan Tarusan di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat sedang melaksanakan program 100 hari bagi kegiatan pembangunan biogas. Berangkat dari kondisi ini, kawan-kawan pelaku PNPM LMP memiliki wacana untuk menjadikan moment 100 hari pembangunan biogas tersebut sebagai pintu masuk dalam mengangkat sebuah konsep “Nagari Mandiri Energi”.

Dengan melimpahnya potensi ternak sapi yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan, tentunya wacana Nagari Mandiri Energi bukanlah sekedar wacana semata. Diperlukan kerjasama dari semua pihak, khususnya para pelaku PNPM LMP agar wacana Nagari Mandiri Energi dapat menjadi kenyataan. Sehingga masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan dapat mandiri energinya dan lingkungan Kabupaten Pesisir Selatan dapat terjaga kelestariannya.

Keberhasilan demplot biogas CSO PNPM LMP di Kecamatan Sutera yang telah menjadi inspirasi para pelaku PNPM LMP di Kabupaten Pesisir Selatan, sehingga berdampak dengan adanya kegiatan BLM PNPM LMP mengenai biogas di Kecamatan Linggo Sari Baganti dan Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan adalah merupakan hasil dari kerjasama semua pihak yang terlibat di PNPM LMP, khususnya para pihak di wilayah Provinsi Sumatera Barat. Semoga kerjasama mereka masih terus terjaga hingga dapat terwujudnya sebuah Nagari Mandiri Energi di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.

Admin,